Monday, 22 February 2016

[kelas 6] Kisi - Kisi IPA UN SD 2016


Makhluk Hidup dan Lingkungannya
A.      Ciri – ciri khusus pada tumbuhan dan hewan
1.      Ciri – ciri khusus pada tumbuhan
Ciri khusus tumbuhan yang hidup di air dan di lingkungan yang lembab
      Tumbuhan yang hidup di air umumnya memiliki batang berongga. Contoh tumbuhan yang mempunyai batang berongga adalah eceng gondok, kangkung, dan genjer. Batang berongga tersebut berisi udara sehingga tanaman dapat mengapung di air. Tumbuhan yang hidup di air dan di lingkungan lembab memiliki daun yang lebar dan tipis, misalnya teratai, lotus, talas, dan keladi. Daun lebar dan tipis berguna untuk memperccepat penguapan.

Ciri khusus tumbuhan yang hidup di gurun
      Contoh tumbuhan yang hidup di gurun adalah kaktus. Tumbuhan yang hidup di gurun umumnya berdaun kecil menyerupai duri. Daun kecil menyerupai duri ini berguna untuk mengurangi penguapan air.

Ciri khusus tumbuhan pantai
      Tumbuhan yang hidup di pantai misalnya tumbuhan bakau (mangrove). Tumbuhan yang hidup di pantai umumnya mempunyai akar napas yang muncul di permukaan air. Akar napas ini digunakan untuk melakukan pertukaran oksigen.

2.      Ciri – ciri khusus pada hewan
Memiliki misai atau kumis di bibir atas dan bibir bawah
      Hewan yang memiliki misai di bibir atas dan bibir bawah contohnya ikan lele. Pada misainya terdapat indra pengecap yang merupakan organ khusus. Misai tersebut digunakan untuk mengenali mangsanya yang bersembunyi di dasar sungai berlumpur.

Memiliki antena di kepala
      Contoh hewan yang memiliki antena di kepala adalah semut. Antena tersebut berfungsi sebagai alat indra sehingga semut bisa menyentuh, membau, dan merasakan getaran bunyi. Antena juga digunakan sebagai alat komunikasi antarsemut.

Mempunyai sengat beracun
      Contoh hewan yang memiliki sengat beracun yaitu lebah dan kalajengking. Sengat beracun tersebut digunakan untuk mempertahankan diri dari musush. Apabila merasa terancam, lebah dan kalajengking akan menyengat dan mengeluarkan racun melalui sengat ke dalam tubuh musuhnya.

Memiliki bantalan perekat di telapak kaki
      contoh hewan yang mempunyai bantalan perekat pada telapak kaki yaitu cicak dan tokek. Bantalan perekat di telapak kaki berguna untuk menempel pada dinding sehingga tidak terjatuh.

Memiliki punuk di punggung
      Hewan yang memiliki punuk di punggung contohnya unta. Punuk tersebut berguna sebagai tempat menyimpan makanan cadangan yang berupa lemak.


1 comment:

  1. Thanks for sharing the wonderful and helpful information
    Delhi Agra Jaipur Yatra
    India Trip Designer
    www.indiatripdesigner.com
    +91-9837332533

    ReplyDelete