Tuesday 3 November 2015

Materi IPA Kelas 9 : Gejala Kemagnetan dan Cara Membuat Magnet


-          Ferromagnetik adalah benda yang ditarik dengan kuat oleh magnet
-          Paramagnetik adalah benda yang ditarik dengan lemah dan yang tidak ditarik oleh magnet
-          Diamagnetik adalah benda yang ditolak oleh magnet

1.       Sifat – sifat kutub magnet
a.       Kutub magnet : bagian yang mempunyai gaya tarik terbesar
b.      Sumbu magnet : garis yang menghubungkan dua kutub magnet
c.       Kutub  yang sejenis akan tolak menolak
d.      Kutub yang tidak sejenis akan tarik menarik

2.       Cara membuat magnet
a.       Dengan cara digosok
Caranya adalah menggosokkan sebuah magnet pada baja tertentu. Menggosoknya harus teratur dalam satu arah dan dilakukan berulang – ulang.
b.      Induksi magnet
Menginduksikan magnet adalah memberikan sifat magnet kepada besi atau baja tanpa disentuhkan kepadanya. Caranya dengan mendekatkan sebatang besi atau baja ke magnet batang yang kuat. Ujung besi yang dekat ke salah satu kutub magnet memperoleh kutub yang berlawanan dengan kutub magnet itu. Jika ujung besi atau baja yang lain (tidak menyentuh magnet) maka serbuk besi akan menempel.
Kekuatan magnet induksi sangat lemah.
c.       Dengan arus listrik
Caranya adalah melilitkan kawat penghantar pada batang paku disekelilingnya. Kemudian ujung – ujung kawat dihubungkan dengan baterai sehingga arusnya mengalir melalui lilitan kawat tadi. Magnet yang dihasilkan disebut elektromagnet.

3.       Medan magnet bumi
a.       Medan magnet adalah ruang dimana sebuah benda yang berada di dalam ruang itu mendapat gaya magnet.
b.      Medan magnet digambarkan sebagai garis – garis lengkung yang disebut garis gaya magnet.
c.       Bumi dianggap sebagai magnet yang sangat besar. Kutub selatan magnet bumi berada di sekitar kutub utara bumi, sedangkan kutub utaranya berada di sekitar kutub selatan bumi.
d.      Jarum kompas tidak tepat menunjukkan arah utara – selatan yang sebenarnya, tetapi sedikit menyimpang. Penyimpangan arah ini dinyatakan dengan sudut deklinasi. Besar sudut deklinasi di berbagai tempat di permukaan bumi tidak sama dan besarnya berubah – ubah setiap tahunya.
e.      Sudut inklinasi adalah sudut yang terbentuk antara magnet dengan bidang horizontal. Inklinasi terbesar terdapat di bagian utara dan selatan kutub magnet bumi.
f.        Aurora adalah cahaya yang terbentuk di kutub bumi. Aurora terbentuk karena adanya interaksi antara medan magnet bumi dengan partikel – partikel dari matahari. Saat partikel berbahaya akibat ledakan di matahari memasuki bumi akan didorong oleh medan magnet untuk bergerak mengelilingi bumi. Jika partikel masuk, maka akan  masuk di daerah kutub dan akan terbakar sehingga berbentuk sinar aurora. Jika energi partikel lebih besar maka partikel tersebut akan mengelilingi bumi seperti donat dan disebut serbuk radiasi.


No comments:

Post a Comment