Monday 2 November 2015

Pembahasan Soal Buku BSE Kurikulum 2013 : IPS kelas 7 BAB DINAMIKA INTERAKSI MANUSIA

1.       Hubungan manusia dengan lingkungan mengalami  perubahan karena perkembangan teknologi meningkat sehingga sangat mempengaruhi semua aktivitas manusia.

2.       Keterkaitan manusia dengan lingkungan alam dan lingkungan sosial sangat erat karena manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendirian dan memerlukan oranga lain dalam beraktivitas.

3.       Ativitas yang dapat menimbulkan kerusakan lingkungan alam adalah membuang sampah sembarangan, penebangan liar, pabrik membuang limbah tanpa mengolahnya terlebih dahulu, ketika berkemah di alam tidak mematikan api unnggun dengan benar, dll.

4.       Terjadi begitu keragaman sosial budaya di Indonesia karena strukutur permukaan bumi di Indonesia berbeda-beda sehingga mempengaruhi kebiasaan masyarakat Indonesia.

5.       Agar keanekaragaman budaya Indonesia dapat meningkatkan kegiatan ekonomi bangsa Indonesia adalah mengadakan pameran, mengadakan pertunjukan seni tradisional, membuat iklan yang menarik, mengemas hasil karya lokal dengan menarik, dll.

6.       Kemiskinan terjadi karena kemalasan, orang tersebut tidak dapat mengambil kesempatan yang sebenarnya bisa dikerjakan untuk menambah penghasilan serta gaya hidup yang tidak sesuai dengan kondisi finansialnya sehingga terlibat hutang.

7.       Sikap yang harus ditunjukkan untuk mengahargai keragaman keyakinan dan agama adalah tidak mengganggu jika agama lain sedang beribadah, memberi waktu untuk istirahat ketika waktu solat tiba.

8.       Sikap terhadap kebudayaan asing adalah menerima tetapi tetap harus dipilih mana yang baik dan mana yang buruk serta menyesuaikan kebudayaan Indonesia.


No comments:

Post a Comment